Rabu, 30 Juni 2010

Cara Melihat Gambar Stereoscopy

Terakhir gue ngelihat gambar stereoscopy ini waktu gue baca komik Dan Detective School Q. Waktu itu ada dua gambar naga yang butuh metode khusus agar mata bisa melihatnya secara 3 dimensi. Dan semenjak itu gue tertarik sama gambar seperti itu. Sayangnya, gue nggak tahu sama sekali istilah untuk gambar seperti itu. Dan untungnya kemaren-kemaren gue keingat, dan nyempatin diri buat tanya ama om Google, itu gambar namanya apa.

Stereoscopy itu gambar yang bisa divisualisasikan menjadi gambar 3D. Bagaimana caranya? Gue juga bingung ngejelasinnya. Tapi gue coba aja...

Parallel Eyes


Cara melihat dua gambar stereoscopy dengan cara paralel adalah dengan mata sebelah kiri melihat gambar sebelah kiri, dan yang sebelah kanan melihat gambar yang sebelah kanan. Jangan fokus pada satu titik di gambar tersebut. Cobalah untuk membuyarkan pandangan Anda, lalu satukan keduanya. Kalau yang ini jujur gue gak susah2 amat belajarnya. Karena gue sering melamun, dan sering terjadi double vision. Jadi buat kalian yang jarang mengalami double vision, berjuanglah. Wakakaka....


 


  Keadaan saat melihat gambar 3D bulan di atas adalah seperti saat Anda meletekkan telunjuk anda di depan mata, tetapi Anda memfokuskan mata Anda kepada objek di kejauhan. Nah, bayangan jari telunjuk anda saat itu terlihat ada dua, begitulah keadaan gambar dua bulan yang akan Anda lihat nanti, gambarnya jadi dua, dan bulannya jadi empat. (Kan di gambar ada dua bulan, jadi kalo dobel otomatis bulannya jadi 4.) Lalu usaha yang harus Anda lakukan adalah menyatukan bayang gambar bulan sebelah kiri dan sebelah kanan. Bagaimana caranya?
Saat Anda mengalami double vision, Anda harus menyatukan dua gambar yang berada di tengah. Setelah Anda berhasil melakukannya, gambar sebelah kiri dan kanan akan menyatu, dan sekarang terdapat tiga gambar bulan. Anda hanya perlu melihat yang di tengah, bulan yang itulah yang 3D.
Belum berhasil? Selamat mencoba sampai berhasil. Hohoho.


Cross Eyes

Sekarang kita beralih ke stereoscopy ala cross eye. Caranya adalah  melihat gambar yang sebelah kiri dengan mata sebelah kanan, dan melihat gambar sebelah kanan dengan mata yang di sebelah kiri. Awalnya memang susah, karena gue udah terbiasa dengan cara paralel. Tapi gue terus berusaha, sampe bisa, sampe gue keringatan.... Hahaha. (Tauk-tauk gue jadi lapar...) Tapi setelah gue bisa, gue malah jadi susah buat ngelihat dengan paralel! Ternyata kalo udah bisa, teknik cross eye ini lebih gampang... Bagaimana caranya, mending kita simak saja yang berikut ini gan...

Gimana ya jelasinnya? Bingung gue.. Kalian bisa juling? Kalau bisa, "mungkin" lebih gampang. (Mungkin, soalnya gue bisa juling, tapi susah belajar teknik cross-eye.)

Stereoscopy bertipe cross-eye memang sering terlihat kabur dan tidak jelas awalnya. Tapi nggak apa, julingkan saja mata Anda sedikit, biarkan saja awalnya kabur. Lalu cobalah terka-terka sampai gambar yang sebelah kiri bisa menyatu dengan yang sebelah kanan. Lalu berhenti sampai di situ. Tunggu saja, dan berusaha fokuskan pandangan Anda agar gambar yang di tengahnya bisa menjadi jelas.

Kalau tetap nggak bisa, ya sudah pakai alat bantu aja. Kalau berminat, sambil belajar sekalian. Waktu itu gue juga pake cara seperti ini. Ambil kertas apapun yang ada di sekitar Anda (Ingat, kertas Anda, bukan kertas orang lain...) lalu buat dua tabung kecil tanpa tutup dan alas. Jadi seperti teropong, tapi teropongnya tidak tersambung. Coba tempelkan tabung yang satu ke mata sebelah kiri Anda, (mata kanan ditutup dulu kalau mau,) lalu arahkan lubangnya ke gambar bintang yang di sebelah kanan. Lakukan juga hal yang sama pada teropong yang satunya lagi, letakkan lubangnya di mata sebelah kanan, dan lubang yang lainnya diarahkan ke gambar bintang sebelah kiri. Konsentrasilah dan berusahalah satukan kedua lubang yang ada, akhirnya perlahan-lahan pasti bintangnya terlihat 3D... Kalau mau tanpa teropong-teropongan kertas, cobalah lepaskan satu persatu teropongnya dari mata sambil tetap mempertahankan mata melihat dengan crossing. kalau tidak bisa, itu salah Anda, bukan saya... Wakakaka....

Sekadar peringatan, misalnya Anda mungkin orang yang ja-im, gue ga tanggung jawab kalau sampai ada orang yang melihat tindakan Anda dan menganggapnya konyol. Atau kalau mau terlihat lebih keren, teropongnya dibikin pakai kertas karton aja. Atau besi, terserah Anda, tentukan sendiri kreasi Anda.... Silakan...

Sekian dari saya, kalau ini menyebabkan Anda pusing, mual-mual, muntah-muntah, sakit perut, keringat dingin, kentut-kentut, atau bahkan sampai hamil, ini bukan salah gue ya. Postingan berikutnya gue mau post gambar-gambar untuk stereoscopy cross eyed dan parallel.

Ngomong-ngomong badan gue ini pegel-pegel tiap kali nulis blog. Enak kali yah kalau ada yang mijitin... =="
Gue mimpi dulu... Selamat tinggal, bro-koli!

Ahahahahahahahahahaaaaaaaaaaaaa.......................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar