Ikan Telanjang

Minggu, 28 Maret 2010

Cara Mengalami Lucid Dream

Lucid dream adalah keadaan di mana seseorang sadar bahwa dirinya sedang bermimpi. Anda mungkin pernah mengalaminya secara tidak disengaja. Bahkan dengan latihan tertentu, Anda bisa mengendalikan mimpi Anda! Anda tertarik mencoba? Silakan membaca penjelasannya berikut ini.

Lucid dream terbagi dua macam, DILD (Dream Initiated Lucid Dreaming) dan WILD (Wake Initiated Lucid Dream).

DILD adalah kondisi di mana seseorang memimpikan bahwa dia sedang bermimpi dan sadar bahwa dia sedang bermimpi dalam mimpinya itu. Lalu dia terbangun dan menyangka bahwa dia sudah berada di dunia nyata, padahal dia masih bermimpi, dan akhirnya akan terbangun lagi ke dunia yang nyata yang sebenarnya.

Sementara WILD adalah keadaan lucid dream (sadar bahwa dirinya sedang bermimpi) yang disengajai dan bisa dikendalikan. Saat Anda masuk dalam keadaan ini, Anda mungkin untuk mengendalikan mimpi sesuka Anda! Orang yang sudah dapat melakukan ini disebut Oneironaut.

Ketika Anda sudah menjadi Oneironaut, Anda bisa mengendalikan dan menjelajahi mimpi secara sadar. Anda bisa melatih diri Anda menjadi Oneironaut. Kuncinya adalah jaga kesadaran Anda selama tidur! Biasanya kita hanya  berbaring lalu tertidur, bermimpi, lalu terbangun tanpa tau kapan kita tertidur... Saya akan memberikan tips yang sebenarnya saya juga dapat dari artikel  di situs lain.

Cara untuk melakukan WILD disebut WIoLD (Wake Initation of Lucid Dream).

1. Konsentrasi dan Relaks.
Tutup mata Anda dan relakskan tubuh Anda. Santai saja, dan ingat untuk mempertahankan kesadaran Anda. Jangan sampai Anda hilang kesadaran.

2. Buka mata pikiran.
Bayangkanlah sesuatu gambaran, terserah gambaran apa saja. Latihlah diri Anda untuk membuat efek visual dalam otak Anda.  Jika Anda sudah bisa melakukannya, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3.  Ingat, jaga pikiran Anda tetap sadar.
Tujuan dari WIoLD adalah bisa tetap sadar dalam mimpi. Jika Anda gagal melakukan ini, Anda tidak akan bisa mengendalikan mimpi Anda dan tidak bisa mengalami Lucid Dream. Untuk menjaga kesadaran Anda, bisa dengan banyak cara, seperti berhitung, membayangkan sedang naik turun tangga,  atau kegiatan lain dalam pikiran yang bisa membantu Anda tetap fokus. Tetapi, ingatlah untuk tetap santai dan relaks, jangan tegang. Langkah kedua dan ketiga bisa juga dilakukan bersamaan jika Anda mau.

4. Selanjutnya, Anda akan mengalami Sleep Paralysis.
Keadaan ini sering disalahartikan masyarakat awam sebagai hal yang ghaib, sering disebut ketindihan (ditindih jin). Ini adalah kondisi medis atau psikologis saat seseorang tersadar tapi tubuhnya masih tertidur. Jika Anda sampai pada tahap ini, Anda akan merasa sulit bernafas, tidak bisa bergerak, terdengar suara-suara delusi yang menakutkan, perasaan aneh, dan sebagainya. Anda tidak perlu panik. Tenangkan diri Anda, semuanya akan baik-baik saja. Kebanyakan orang gagal bertahan di fase Sleep Paralysis, dan akhirnya terbangun. Jika terjadi, cobalah lagi, sampai Anda terbiasa dan tidak terbangun.

5. Di fase ini, Anda sudah tiba di alam mimpi.
Biasanya orang-orang akan mengalami sensasi seperti berada di dalam terowongan yang gelap gulita. Situasi ini mungkin membuat Anda panik jika Anda baru pertama kali mengalaminya. Cobalah untuk tetap tenang dan yakin bahwa anda baik-baik saja. Konsentrasikan diri Anda, Anda akan mampu memilih jalan mimpi Anda sendiri dengan usaha yang cukup keras. Jika Anda berhasil mengatasinya dan menjelajahi mimpi Anda, Anda sudah layak disebut Oneironaut!

Untuk melakukan tahap ke-5, tidak segampang yang dikatakan. Berikut ini ada cara-cara untuk mengatasinya.

1. Dream Recall.
Ini adalah tekhnik dasar dalam melakukan WILD. Catatlah hal-hal yang baru saja Anda mimpikan di dalam sebuah buku. Lakukan ini sesering mungkin, karena biasanya orang akan melupakan mimpinya beberapa saat setelah bangun. Hal ini juga membantu memperjelas lucid dream.

2. Makan Pisang.
Pisang mengandung Tryptophan dan Vitamin B6 per gramnya. Tryptophan akan dibantu oleh Vitamin B6 untuk diubah menjadi Serotonin di dalam otak. Serotonin adalah zat kimia yang mengendalikan mood, ingatan jangka pendek, dan "mimpi" di dalam otak. Makanan lain yang mengandung serotonin contohnya tomat dan kacang, namun serotonin sulit diserap oleh otak karena terdapat blood-brain barrier di sekeliling otak. Karena itu lebih baik jika Anda memakan pisang yang akan mengubah Tryptophan di dalam otak menjadi Serotonin. Makanlah pisang tiap hari, terutama setelah selesai makan malam.

3. Wake Back To Bed (WBTB)
Ini adalah teknik untuk berusaha memasuki REM (Rapid Eye Movement, fase tidur saat kita bermimpi) secara langsung. Tidurlah dalam keadaan lelah dan bangun 5 jam kemudian. Konsentrasi pada teknik WIoLD.


Untuk orang yang kesulitan tetap sadar sampai memasuki tahap hypnagogic state, ada tipsnya. Cobalah memasang jam weker atau mintalah dibangunkan setengah jam atau satu jam setelah tidur agar kita sadar kembali. Tapi jangan buka mata Anda, tetaplah pejamkan mata. Coba lagi untuk melakukan teknik WIoLD sampai Anda berhasil melewati tahap hypnagogic state.

Lucid Dream berfungsi sebagai sarana rekreasi bagi otak dari dunia yang melelahkan ini. Semua orang dapat melakukannya, namun ada beberapa orang yang lebih berbakat untuk melakukannya, yaitu orang yang memiliki tipe pikiran visual. Secara basic, tipe pikiran manusia terbagi 3 jenis; Pikiran visual, literal dan kinestetis.

Seseorang dengan tipe pikiran visual akan memikirkan benda dengan cara membayangkan bentuk benda tersebut secara visual. Yang bertipe literal akan memikirkan objek bendanya dengan cara mendiskripsikannya dengan kata-kata dan data-datanya. Sedagkan yang berpikiran jenis kinestetis akan membayangkan objek bergerak atau seperti sedang memakai benda.
Cara sederhana membedakan 3 tipe pikiran itu, seorang pemilik pikiran visual mudah belajar menggunakan gambar, pemilik pikiran literal dengan membaca atau mendengarkan, dan kinestetis dengan menulis atau berbicara keras-keras. Kebanyakan artis dan desainer mempunyai pikiran visual, penulis memiliki pikiran literal, dan atlet memiliki tipe pikiran kinestetis.

Kalau Anda sudah berhasil mengalami lucid dream, sekarang waktunya Anda memahami: "Apakah dunia nyata ini adalah dunia yang sesungguhnya?" Saya juga bingung apakah ini dunia nyata atau hanya ilusi dan mimpi-mimpi dari kesadaran kita saja. Mungkin banyak yang sudah pernah bilang "dunia hanya ilusi", dan saya juga tidak tahu kenapa saya berpikir seperti itu! Bahkan apa yang saya tulis ini juga mungkin hanya ilusi, otak kita tertipu! Apakah saya yang sadar dan membuat orangtua saya? Apakah saya sebenarnya tidak terbatas waktu dan ruang? Mungkin saat pertama kali saya mengenal yang namanya kesadaran, saya membuat hukum alam sendiri, bahasa sendiri, tata ruangan sendiri, dan hukum alam ini sendiri. Semuanya saya yang buat, dan semuanya rapi karena saya menganggapnya rapi. Kenapa alam semesta bisa ada, kenapa bumi berotasi dan berevolusi, kenapa ada materi dan energi, semuanya karena saya yang membuat ilusi seperti itu, dan saya membuat itu terlihat wajar bagi manusia-manusia lain! Atau apakah dunia ini sebenarnya hanya dunia game dari suatu superkomputer besar yang canggih?? Mungkin seperti game-game kita sekarang yang ada di dalam layar sebagai objek dua dimensi (walau ada yang terlihat menyerupai 3 dimensi, tetap saja 2 dimensi)?? Mungkin kesadaran kita juga hanya bagian ciptaan dari game kehidupan?? Mungkin ada suatu bentuk diri di dunia nyata kita yang lebih tinggi dari kesadaran....

"Ini nyata atau mimpi? Apa hanya mimpi kehidupan? Kapan saya akan memperoleh kesadaran tentang apa hidup ini sebenarnya, sehingga saya bisa terbangun ke dunia yang sebenarnya??" Dunia ini sudah tidak ada kalau "saya" tidak ada. Jika ada yang mau bilang dunia ini tetap ada setelah saya mati, coba buktikan pada saya. Kalau tidak bisa, berarti tidak ada yang bisa menyalahkan pikiran saya bahwa dunia ini hanya ilusi "saya"...

Sumber materi: http://writertavern.wordpress.com/2007/08/06/oneironaut-guide-to-dream-sailing/
(buat penulis, maaf saya sedikit mengutak-atik artikelnya.)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar